Pelatihan Bagi Calon Fasilitator PBJ Tingkat Dasar, Training For Trainer (ToT)

IMG_5020-1080x675.jpg

Jakarta, 13/09/2018 – Lembaga Pengembangan dan Konsultasi Nasional (LPKN) kembali menyelenggarakan Pelatihan Bagi Calon Fasilitator PBJ Tingkat Dasar atau Training For Trainer (ToT) di bulan Agustus 2018. Pelatihan dilaksanakan selama 5 hari (27 – 31 Agustus 2018) dan ujian dilaksanakan pada hari ke 6 (01 September 2018) bertempat di Hotel Sunlake, Jakarta Utara.

Peserta berasal dari berbagai instansi yang terdiri dari 44 peserta antara lain dari Balai Diklat Keagamaan (Kementerian Agama), Universitas Palangka Raya, BPSDM Kalimantan Timur, BPSDM Kalimantan Barat, Universitas Islam Negeri IB Padang, BPSDM Maluku, Institut Seni Indonesia Padang, Universitas Airlangga, RS Jantung Harapan Kita, BPSDM Banten, Dinkes Kota Padang Panjang, Universitas Sriwijaya, Dinas PUPR Pemalang, Setda Provinsi Bali, Dinkes Kabupaten Tanah Laut, Dinas PUPR Papua, Dinas Kehutanan DKi Jakarta, Universitas Teuku Umar, Universitas Dharma Andalas, PT Jasa Marga. Peserta saling membaur tanpa membedakan asal daerah masing-masing dan keakraban dapat terjalin antara peserta, panitia dan narasumber.

IMG_4996-768x512.jpg

Hari Pertama (27/08/2018) pelaksanaan pelatihan dibuka oleh Kepala Pusdiklat Ibu Suharti, beliau menjelaskan mengenai BLC dan Pengenalan Program Pelatihan ToT PBJ Tingkat Dasar ini kepada seluruh peserta yang hadir. Selama satu jam lima belas menit beliau menjelaskan dan tak lupa sedikit Tanya jawab dari para peserta diklat. Setelah itu dilanjutkan oleh Pak Dharma Nursani yang menjelaskan tentang Etos Kerja sebagai Fasilitator, setelah itu peserta mengerjakan Pre Test dari LKPP selama 90 menit. Sebelum mereka persilahkan masuk ke kelas masing-masing mereka foto bersama sekaligus coffee break terlebih dahulu.

Kami membagi 2 (dua) kelas, kelas A dan kelas B untuk pelatihan ToT PBJ Tingkat Dasar, kelas A berjumlah 23 orang, sedangkan kelas B berjumlah 21 orang. Materi Pertama yaitu Filosofi PBJP yang di jelaskan oleh Pak Djamaludin di kelas A, dan Pak Robin Asad di kelas B. Materi yang disampaikan narasumber berjalan dengan baik dan peserta antusias mengikutinya. Lalu setelah materi berakhir, peserta diberikan Tes Materi untuk Filosofi PBJ Dasar dan IKP-A. Hari Kedua (28/08/2018), Materi yang disampaikan yaitu Filosofi Pengadaan Khusus oleh Pak Emin Adhy M di kelas A dan Bu Suharti di kelas B. Materi selanjutnya yaitu Filosofi Perencanaan PBJ yang di jelaskan oleh Pak Emin Adhy M di kelas A dan Pak Robin Asad di kelas B. Lalu setelah mendapatkan materi dari Narasumber, mereka mengerjakan Tes Materi disetiap selesainya materi.

IMG_5081-768x512.jpg

Hari Ketiga (29/08/2018), Materi yang disampaikan yaitu Filosofi Persiapan PBJP yang dijelaskan oleh Pak Arif Rachman (sesi 1&2) Pak Atas Yuda (sesi 3&4) di kelas A dan Pak Heldi di kelas B. Setelah mereka mempelajari materi tersebut, mereka mengerjakan Tes Materi Filosofi Persiapan PBJP. Hari Keempat (30/08/2018), Materi yang disampaikan  yaitu Filosofi Pelaksanaan PBJP, yang dijelaskan oleh Pak Atas Yuda di kelas A, dan Pak Heldi (sesi 1&2) dan Pak Mustafa Kamal (sesi 3&4) di kelas B. Lalu setelah mendapatkan materi dari Narasumber, mereka mengerjakan Tes Materi disetiap selesainya materi.

Hari Kelima (31/08/2018), Materi yang disampaikan oleh LAN yaitu Teknik Fasilitasi Pembelajaran dijelaskan oleh Bu Ivonne Pongoh di kelas A dan Pak Ferry Firdaus di kelas B. Peserta diajarkan cara membuat SAP dan Power Point untuk presentasi mereka saat ujian microteching. Setelah itu mereka mengumpulkan softfile Power Point bahan presentasi dan SAP mereka ke panitia dan selanjutnya tinggal menunggu ujian di esok hari.

IMG_4897-768x512.jpg

Hari Keenam (01/09/2018), hari ujian dimana mereka di bagi menjadi 3 kelas microteaching yang masing-masing berjumlah 15 orang (2 kelas) dan 14 orang (1 kelas). Terdapat 3 Juri yang didatangkan juga dari LKPP untuk juri subtansi, juri dari LAN dan psikolog untuk masing-masing kelas. Ujian dimulai pukul 08.00 hingga selesai. Lalu saat selesai mereka langsung dipersilahkan untuk mengikuti Ujian Substansi Tertulis yang diawasi oleh LKPP yaitu Bu Erika dan Pak Okto, waktu yang di berikan saat ujian tertulis yaitu 3 jam. Peserta berkonsentrasi saat ujian tulis dimulai dan berharap semua peserta lolos untuk menjadi Fasilitator PBJ Tingkat Dasar.

Pengumuman kelulusan belum diketahui dan masih menunggu hasil dari LKPP. Harapannya pelatihan ini dapat memberikan manfaat bagi peserta dan dapat mengimplementasikan semua ilmu yang didapat dengan baik. (Veny Putri Aulia LPKN)

Copyright 2019 KelasSmart.com - All Rights Reserved