Pelatihan dan Ujian Sertifikasi Keahlian Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018

bersama-2-1080x675.jpg

Jakarta, 08/03/2019 – Lembaga Pengembangan dan Konsultasi Nasional (LPKN) kembali menyelenggarakan Pelatihan dan Ujian Sertifikasi Keahliaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah di penghujung akhir Februari ini. Peserta berasal dari intansi Badan pengelola keuangan provinsi Bengkulu, RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu, Dinas PUPR Kab. Baur, Pengadilan tinggi agama Bengkulu, Bina Marga Kementerian PUPR, Universitas Bengkulu, Dinas tanaman pangan, holtikultura dan perkebunan provinsi Bengkulu, Dinas kesehatan Kab. Bengkulu Selatan, Dinas Peternakan dan kesehatan hewan provinsi Bengkulu, Bagian pemerintahan & Otda setda Kab. Lebong, Bagian keprotokolan Setda Kab. Lebong, RSJKO Soerapto Provinsi Bengkulu, SUBDITITIPIDIKOR RESKRIMSUS Polda Bengkulu, Dinas ketenagakerjaan dan transmigrasi Kab. Bengkulu Tengah, PT. Statika Mitrasarana, IAIN Curup, RS. Bhayangkara, Kantor Pencarian dan pertolongan Bengkulu Peserta berjumlah  41 orang. Keakraban pun saling terjalin antara peserta, panitia dan narasumber.

Hari Pertama 19/02/2019 Pelaksanaan pelatihan di isi oleh  Bapak Ika Gunawan, S.E ,. AK ,. M. Si. beliau adalah Ahli Pengadaan – BPKP. Materi pertama yang disampaikan adalah tentang Ketentuan Umum dalam Pengadaan Barang/Jasa, materi 2 tentang Tujuan, Kebijakan, Prinsip, dan Etika Pengadaan Barang/Jasa dan di lanjut dengan materi 3 tentang Pelaku PBJ. Pada sesi terakhir setelah peserta mendengarkan materi yang disampaikan oleh narasumber dan melakukan studi kasus, peserta diwajibkan untuk mengerjakan tes materi 1-3 guna mengukur kemampuan peserta dalam menangkap materi yang telah disampaikan oleh narasumber.

SADIKIN-2-1024x768.jpg

Hari Kedua 20/02/2019 diisi oleh Ibu Rohana Litasmi, S.E . beliau adalah Ahli Pengadaan – ULP. Materi pertama yang disampaikanBeliau menyampaikan materi 4 tentang PBJ Secara Elektronik, Sumber Daya Manusia dan Kelembagaan, Pengawasan, Pengaduan, Sanksi, dan Pelayanan Hukum. Kemudian dilanjutkan dengan materi 5 tentang Perencanaan Pengadaan.

IRA-1-1024x614.jpg

Hari ketiga 21/02/2019 pelatihan dilanjutkan oleh Ibu Juni Irawati, S.Kom ,. M.H. beliau adalah Ahli Pengadaan – ULP . Materi yang disampaikan yaitu materi 6 tentang Persiapan PBJ, materi 7 tentang Pelaksanaan PBJ Melalui Swakelola, materi 8 tentang Pelaksanaan PBJ Melalui Penyedia, dan terakhir materi 9 tentang Pengadaan Khusus.

bu-juni-1-1024x614.jpg

Hari Keempat 22/02/2019 diisi oleh Ibu Juni Irawati, S.Kom ,. M.H. Beliau adalahAhli Pengadaan – ULP. membahas semua materi keseluruhan mulai dari materi 1- materi 9 serta membahas Tryout dari LKPP. Peserta sangat antusias dan semangat dalam menerima semua materi, evaluasi dan study kasus di setiap harinya. Setelah semua materi-materi yang di sampaikan oleh narasumber dalam sesi pelatihan, tibalah saat ujian pada hari esok

Ujian dilaksanakan pada hari terakhir yaitu hari Sabtu tanggal 23/02/2019

ujian-2-1024x614.jpg

Ujian berjalan dengan sangat lancar dan tertib, semua peserta mematuhi aturan yang telah diberikan panitia serta pengawas dari LKPP yaitu Setyorini selaku pengawas di ujian PBJ kali ini. Presentase kelulusan yang dicapai oleh peserta ujian Reguler memuaskan yaitu 64.29% dengan peserta lulus sebanyak 27 Orang peserta dan tidak lulus 15 peserta. Semoga pelatihan ini dapat memberikan manfaat bagi peserta dan peserta dapat mengimplementasikannya dengan baik. (Soffy LPKN)

Copyright 2019 KelasSmart.com - All Rights Reserved