Pelatihan dan Ujian Sertifikasi Keahlian Pengadaan Barang/Jasa di Hotel Sunlake, Jakarta Utara

IMG_3600-1080x675.jpg

Jakarta, 08/08/2018 – Lembaga Pengembangan dan Konsultasi Nasional (LPKN) kembali menyelenggarakan Pelatihan dan Ujian Sertifikasi Keahliaan Pengadaan Barang/Jasa di bulan juli lalu. Peserta berasal dari daerah yang berbeda beda, terdiri dari RSUD dr. BEN MBOI Kabupaten Ruteng, PT Pupuk Indonesia (Persero), Kantor Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Nusa Tenggara Timur, UPT Puskesmas Kecamatan Pancoran Mas, Badan Informasi Geospasial, Badan Penghubung Daerah Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, DPRD Pemerintah Kabupaten Mamberamo Raya, dan LPMP Maluku Utara. Peserta berjumlah 23 orang dari latar belakang yang berbeda, namun saling membaur tanpa membedakan asal daerah masing-masing dan keakraban pun terjalin antara peserta, panitia dan narasumber.

Hari Pertama 24/07/2018 pelaksanaan pelatihan di isi oleh Bapak Sutan S. Lubis beliau adalah Direktur Perencanaan, Monitoring dan Evaluasi Pengadaan-LKPP.  Materi yang disampaikan adalah tentang Ketentuan Umum dalam Pengadaan Barang/Jasa, materi 2 tentang Tujuan, Kebijakan, Prinsip, dan Etika Pengadaan Barang/Jasa dan di lanjut dengan materi 3 tentang Pelaku PBJ. Pada sesi terakhir setelah peserta mendengarkan materi yang disampaikan oleh narasumber dan melakukan studi kasus, peserta diwajibkan untuk mengerjakan tes materi 1-9 guna mengukur kemampuan peserta dalam menangkap materi yang telah disampaikan oleh narasumber.

DSC_3607-768x510.jpg

Hari Kedua 25/07/2018 masih dengan narasumber yang sama, Pak Sudarisman beliau adalah Ahli Pengadaan dari Kementerian PUPR, menyampaikan materi 4 tentang PBJ Secara Elektronik, Sumber Daya Manusia dan Kelembagaan, Pengawasan, Pengaduan, Sanksi, dan Pelayanan Hukum. Kemudian dilanjutkan dengan materi 5 tentang Perencanaan Pengadaan. Hari ketiga 26/07/2018 pelatihan dilanjutkan oleh Ibu Galuh Tantri, Beliau adalah Ikatan Ahli Pengadaan Indonesia.  Materi yang disampaikan yaitu materi 6 tentang Persiapan PBJ, materi 7 tentang Pelaksanaan PBJ Melalui Swakelola, materi 8 tentang Pelaksanaan PBJ Melalui Penyedia, dan terakhir materi 9 tentang Pengadaan Khusus.

Hari terakhir pelatihan tanggal 27/07/2018 masih diisi dengan narasumber yang sama yaitu Pak Suharto, beliau membahas semua materi keseluruhan mulai dari materi 1- materi 9 serta membahas Tryout dari LKPP. Peserta sangat antusias dan semangat dalam menerima semua materi, evaluasi dan study kasus di setiap harinya. Ditambah dengan hadirnya Ice Breaker andalan LPKN yaitu Alvin Musadeck menambah semangat peserta dan membuat kelas jauh lebih ceria. Setelah semua materi-materi yang di sampaikan oleh narasumber dalam sesi pelatihan, tibalah saat ujian, Ujian dilaksanakan pada hari terakhir yaitu hari Sabtu tanggal 28/07/2018.

DSC_3613-768x510.jpg

Ujian berjalan dengan sangat lancar dan tertib, semua peserta mematuhi aturan yang telah diberikan panitia serta pengawas dari LKPP yaitu Ibu Makkiyah Farizqi selaku pengawas di ujian PBJ kali ini. Presentase kelulusan yang dicapai oleh peserta ujian Reguler cukup memuaskan yaitu 52.17 % dengan peserta lulus sebanyak 12 peserta dan tidak lulus sebanyak 11 peserta. Semoga pelatihan ini dapat memberikan manfaat bagi peserta dan peserta dapat mengimplementasikannya dengan baik. (Veny Putri Aulia  LPKN)

Copyright 2019 KelasSmart.com - All Rights Reserved