Pelatihan dan Ujian Sertifikasi Keahlian Pengadaan Barang/Jasa di Jasamarga

IMG_2944-1080x675.jpg

Jakarta, 07/08/2018 – Lembaga Pengembangan dan Konsultasi Nasional (LPKN) kembali menyelenggarakan Pelatihan dan Ujian Sertifikasi Keahliaan Pengadaan Barang/Jasa di bulan juni lalu. Pelatihan kali ini berbentuk in-house atau pelatihan tertutup dengan peserta dari PT. Jasamarga (Persero) Tbk. Pelatihan dilaksanakan selama 4 hari (4-7 Juni 2018) dan ujian dilaksanakan setelah libur Hari Raya Idul Fitri 1439 H (28 Juni 2018) bertempat di Jasamarga Learning Institute, Jakarta Timur.

Peserta berasal dari lingkungan PT.Jasamarga (Persero) Tbk yang terdiri dari 26 peserta. Peserta saling membaur tanpa membedakan asal daerah masing-masing dan keakraban pun terjalin antara peserta, panitia dan narasumber.

Hari Pertama 04/06/2018 pelaksanaan pelatihan di isi oleh Ibu Hestri dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Beliau menyampaikan materi 1 tentang Ketentuan Umum dalam Pengadaan Barang/Jasa, materi 2 tentang Tujuan, Kebijakan, Prinsip, dan Etika Pengadaan Barang/Jasa dan di lanjut dengan materi 3 tentang Pelaku PBJ. Pada sesi terakhir setelah peserta mendengarkan materi yang disampaikan oleh narasumber dan melakukan studi kasus, peserta diwajibkan untuk mengerjakan tes materi 1-9 guna mengukur kemampuan peserta dalam menangkap materi yang disampaikan oleh narasumber.

21-768x510.jpg

Hari Kedua 05/06/2018 pelaksanaan pelatihan dilanjutkan oleh Bapak Rudi Alvian, Beliau adalah Ahli Pengadaan dari Bappenas. Materi yang disampaikan adalah materi 4 tentang PBJ Secara Elektronik, Sumber Daya Manusia dan Kelembagaan, Pengawasan, Pengaduan, Sanksi, dan Pelayanan Hukum. Kemudian dilanjutkan dengan materi 5 tentang Perencanaan Pengadaan.

26-768x512.jpg

Hari ketiga 06/06/2018 pelatihan dibuka secara resmi oleh Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Bapak Agus Prabowo, M.Eng. Kemudian materi dilanjutkan oleh Ibu Sri Hanizar, Ahli Pengadaan dari Booz Allen Hamilton. Materi yang disampaikan yaitu materi 6 tentang Persiapan PBJ, materi 7 tentang Pelaksanaan PBJ Melalui Swakelola, materi 8 tentang Pelaksanaan PBJ Melalui Penyedia, dan terakhir materi 9 tentang Pengadaan Khusus.

Hari keempat 07/06/2018 pelatihan dilanjutkan dengan pembahasan keseluruhan materi oleh Bapak Jasorman Sinaga, Ahli Pengadaan dari Booz Allen Hamilton. Peserta sangat antusias dan semangat dalam menerima semua materi, evaluasi dan study kasus di setiap harinya. Setelah semua materi-materi yang di sampaikan oleh narasumber dalam sesi pelatihan tibalah saat ujian, Ujian dilaksanakan setelah libur Hari Raya Idul Fitri 1439 H pada tanggal 28 Juli 2018.

Presentase kelulusan yang dicapai oleh peserta ujian Jasamarga adalah 80.77 % dengan peserta lulus sebanyak 21 peserta dan tidak lulus sebanyak 5 peserta. Semoga pelatihan ini dapat memberikan manfaat bagi peserta dan peserta dapat mengimplementasikannya dengan baik. (Nabilah Zikriyah LPKN)

Copyright 2019 KelasSmart.com - All Rights Reserved